Rabu, 31 Oktober 2012

Uraian Tugas & Tanggung Jawab Public Area Section (Housekeeping)

Uraian Tugas & Tanggung Jawab Public Area Section (Housekeeping)

       Public Area Section
Bagian ini bertanggung jawab atas  kebersihan, kerapian, dan kenyamanan tamu hotel di public area. Bagian ini terdiri dai beberapa bagian yaitu
1.      Public area supervisor
2.      Public Area attendant
3.      Night Cleaner
4.      Florist

1.      Public Area Supervisor
Bertanggung jawab terhadap kebersihan, kerapian dan pemeliharaan Public area, seperti lobby, F&B outlet, meeting room, offices, parking area, swimming pool, public toilet dan sebagainya, dan pelaksanaan kerja public area dalam menjalankan pelayanan Housekeeping yang nyaman dan menyenangkan terhadap tamu, sesuai dengan standard dan prosedur yang ditentukan, uaraian tugas Public Area Supervisor adalah sebagai berikut :
a.       Bertanggung jawab terhadap kebersihan public area sesuai dengan standard dan prosedur yang ditentukan.
b.      Memberikan penugasan dan arahan terhadap tugas-tugas yang harus dijalankan   oleh Public area Attendant, Night Cleaner, Toilet Attendant, Florist serta meyakinkan   bahwa   pelaksanaan kerja dijalankan sesuai dengan standard yang ditentukan.
c.       Melakukan handing over dengan dengan shift sebelumnya pada saat akan memulai kerja, dan handing over dengan shift berikutnya pada saat akan menyelesaikan tugas dan mendelegasikan tugas-tugas yang harus dilanjutkan kepada shift berikutnya dengan jelas.
d.      Memeriksa daftar kehadiran Staff public area setiap hari.
e.       Memeriksa kondisi area umum secara teliti. Pemeriksaan kamar harus berdasarkan kebersihan, kerapian, kelengkapan dan fungsi dari peralatan atau fasilitas yang ada di area masing-masing.
f.       Memeriksa secara teliti atas ruangan-ruangan restoran, bar, ruang rapat dan sebaginya yang telah dikerjakan oleh Staff pada hari itu.
g.      Melengkapi laporan dalam Public area Supervisor Log book setiap shift.
h.      Membuat laporan Maintenance Request kepada Engineering dan menindaklanjuti    area-area, fasilitas atau peralatan memiliki kerusakan, mengawasi pengerjaan dan memeriksa kembali hasil pengerjaannya.
i.        Memeriksa kebersihan, kerapian dan kelengkapan peralatan keperluan seperti janitor trolley, cleaning supplies, cleaning agents dan cleaning equipment baik di area maupun di janitor room atau Pantry.
j.        Bertanggung jawab terhadap biaya dan penggunaan barang-barang keperluan seperti cleaning agents, supplies dan equipment.
k.      Membuat program pelatihan (training program)  terhadap  Staff Public area secara rutin.
l.        Mengawasi pelaksanaan program pemeliharaan atau pembersihan
secara berkala, seperti kristalisasi atau re-coating lantai marmer, pencucian lantai karpet, pembersihan kaca jendela, general cleaning dan sebagainya.
m.    Melakukan  pemeriksaan  atau  inspeksi  area  secara  rutin  untuk meyakinkan kualitas pemeliharaan kebersihan public area terjaga baik sesuai dengan standard yang ditentukan.
n.      Melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan tugas yang diberikan oleh Assistant Executive Housekeeper atau Floor Housekeeper serta melaporkan hasilnya.
o.      Melakukan kerjasama yang erat dan baik dengan semua bagian, seperti Floor, Linen/Uniform dan Laundry, serta dengan departemen lain, terutama Front office dan Engineering untuk meyakinkan koordinasi atas pelayanan kamar yang prima serta perawatan kamar dan public area yang terbaik.
p.      Mengadakan briefing rutin setiap hari, baik pagi hari atau handing over sore hari, dan pertemuan berkala, baik mingguan atau bulanan dengan Staff Public area untuk melakukan koordinasi operasional serta saling bertukar pikiran (sharing idea) untuk meningkatkan dan memperbaiki kualitas pekerjaan dan pelayanan.
q.      Menjalankan prosedur keamanan, keselatnatan, higienis dan sanitasi baik untuk kepentingan tamu, orang lain dan diri sendiri.
r.       Menjalankan tugas yang diberikan oleh Public area Housekeeper atau Executive Housekeeper/Assistant atau Floor Housekeeper.

2.      Public Area Attendant
Bertanggung jawab terhadap kebersihan dan pemeliharaan public area dan pelaksanaan kerja, menjalankan pelayanan Housekeeping yang nyaman dan menyenangkan terhadap tamu, sesuai dengan standard dan prosedur yang ditentukan. Uraian tugas Public Area Attendant adalah sebagai berikut :
a.       Melakukan handing over dengan Night Cleaner pada saat memulai kerja, dan handing over dengan Public area Attendant Shift sebelumnya pada saat akan menyelesaikan tugas.
b.      Membersihkan standing ashtray di area lobby dan area umum lainnya.
c.       Melakukan dusting di tangga-tangga, furniture, pigura, perhiasan area umum.
d.      Membersihkan lantai dengan Sweeping dan Mopping.
e.       Membersihkan restaurant atau F&B outlet lain selepas waktu makan pagi dan siang sehingga tidak mengganggu tamu yang berkunjung.
f.       Membersihkan kaca dan jendela di lobby, F&B outlet, pintu-pintu ruangan dan area lain.
g.      Membantu mengosongkan sampah dan linen  kotor dari  Room Attendant Trolley.
h.      Mengosongkan tempat sampah di area umum.
i.        Menjaga kondisi meeting room atau ruang banquet dalam keadaan bersih dan rapi, baik saat tidak digunakan, akan digunakan atau usai digunakan.
j.        Menjaga kondisi seluruh area umutn bersih dan rapi.
k.      Melapor pada Public area Supervisor apabila adan kerusakan yang terjadi di area.
l.        Memeriksa kebersihan, kerapian dan kelengkapan peralatan keperluan Public area Section, seperti trolley, cleaning supplies, cleaning agents dan cleaning equipment.
m.    Menghadiri program pelatihan (training program) yang diadakan secara rutin.
n.      Menghadiri brlefing rutin setiap hari, baik pagi hari atau handing over sore hari, dan pertemuan berkala, baik mingguan atau bulanan yang diadakan Supervisor atau Housekeeper.
o.      Menjalankan prosedur keamanan, keselamatan, higienis dan sanitasi baik untuk kepentingan tamu, orang lain dan diri sendiri.
p.      Menjalankan tugas khusus yang diberikan sesuai kebutuhan.

3.      N1ght Cleaner
Bertanggung jawab terhadap kebersihan Public area pada Night Shift (giliran kerja malam), menjalankan pelayanan Housekeeping yang nyaman dan menyenangkan terhadap tamu, sesuai dengan standard dan prosedur yang ditentukan. Uraian tugas Night Cleaner adalah sebagai berikut :
a.       Melakukan handing over dengan Public area Attendant Evening Shift pada saat akan memulai kerja, dan handing over dengan Public area Attendant Morning Shift pada saat akan menyelesaikan tugas.
b.      Melakukan dusting di tangga-tangga, furniture, pigura, perhiasan area umum.
c.       Membersihkan lantai dengan Sweeping dan Mopping.
d.      Mengosongkan tetnpat sampah di area utnum.
e.       Menjaga kondisi meeting room atau ruang banquet dalam keadaan bersih dan rapi, baik saat tidak digunakan, akan digunakan atau usai digunakan.
f.       Menjaga kondisi seluruh area umum bersih dan rapi, termasuk di employee service area, seperti locker, canteen, koridor karyawan, ruang parkir dan sebagainya.
g.      Melapor kepada Public area Supervisor apaila ada kerusakan yang terjadi di area.
h.      Memeriksa kebersihan, kerapian dan kelengkapan peralatan keperluan Public area Section, seperti trolley, cleaning supplies, cleaning agents dan cleaning equipment.
i.        Menjalankan program general cleaning, shampooing carpet, re-coating marble Floor atau tugas yang disesuaikan dengan kebutuhan.
j.        Membantu tugas Floor Section menyiapkan linen di Floor Pantry atau tugas lain.
k.      Menghadiri program pelatihan (training program) yang diadakan secara rutin.
l.        Menghadiri briefing rutin setiap hari, baik malam hari atau handing over pagi hari, dan pertemuan berkala, baik mingguan atau bulanan yang diadakan Supervisor atau Housekeeper.
m.    Menjalankan prosedur keamanan, keselamatan, higienis dan sanitasi baik untuk kepentingan tamu, orang lain dan diri sendiri.
n.      Menjalankan tugas khusus yang diberikan sesuai kebutuhan.

4.      Toilet Attendant
Bertanggung jawab terhadap kebersihan dan pemeliharaan ruang-ruang toilet umum maupun di back Office dan locker room, menjalankan pelayanan Housekeeping yang nyaman dan menyenangkan, sesuai dengan standard dan prosedur yang ditentukan. Uraian tugas Toilet Attendant adalah sebagai berikut :
a.       Melakukan handing over dengan Shift sebelumnya pada saat akan memulai kerja, dan handing over dengan Shift berikutnya pada saat akan menyelesaikan tugas.
b.      Membersihkan toilet room di lobby, banquet room, back Office, executive Office, locker room dan ruang lainnya di public area.
c.       Membersihkan urinoir, wash basin, wah basin counter, cermin, toilet bowl, lantai dan lain-lain.
d.      Mengganti toilet tissue dan mengisi paper towel (bila tersedia) atau mengganti hand towel.
e.       Memeriksa dan mengosongkan serta membersihkan tempat sampah di toilet room.
f.       Melapor kepada Supervisor apabila ada kerusakan atau masalah yang terjadi di toilet room.
g.      Memeriksa kebersihan, kerapian peralatan keperluan kerja, seperti trolley, cleaning supplies/agents dan cleaning equipment.
h.      Membantu pelaksanaan tugas Staff Public area lain sesuai yang diinstruksikan.
i.        Menghadiri program pelatihan (training program) yang diadakan secara rutin.
j.        Melaksanakan program  pemeliharaan atau pembersihan secara berkala, seperti kristalisasi atau re-coating lantai marmer, pembersihan kaca jendela, general cleaning dan sebagainya.
k.      Melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan tugas yang diberikan oleh Assistant Executive Housekeeper atau Floor Housekeeper serta melaporkan hasilnya.
l.        Menghadiri briefing rutin setiap hari  atau  handing  over, dan pertemuan berkala, baik mingguan atau bulanan.
m.    Menjalankan prosedur keamanan, keselamatan, higienis dan sanitasi baik untuk kepentingan tamu, orang lain dan diri sendiri.
n.      Menjalankan tugas yang diberikan oleh Executive Housekeeper/ Assisitant atau Floor Housekeeper.

5.      Florist
Bertanggung jawab terhadap penyediaan bunga-bunga dekorasi untuk public area, seperti di lobby, FO counter, restaurant, kamar tamu dan lain-lain. Uraian tugas Florist adalah sebagai berikut :
a.       Memeriksa secara teliti atas kamar-kamar yang akan digunakan hari itu berdasarkan Expected Arrival List dan mencatat jumlah kamar yang memerlukan penataan bunga.
b.      Menyiapkan rangkaian bunga untuk kamar-katnar, terutama untuk VIP dan yang mendapat catatan khusus.
c.       Memeriksa kondisi dekorasi rangkaian bunga di lobby, restaurant, koridor lantai, valet parking desk, GRO desk, Executive Office dan tempat lain yang ditentukan, bila perlu menggantinya dengan yang baru dan segar.
d.      Melakukan permintaan (order) bunga hias/dekorasi sesuai dengan jadwal dan kebutuhan.
e.       Bertanggung jawab terhadap seni keindahan dan estetika dekorasi dengan bunga.
f.       Memenuhi permintaan khusus untuk penataan dekorasi bunga untuk acara-acara banquet bila diperlukan.
g.      Menghadiri program pelatihan (training prograni) yang diadakan secara rutin.
h.      Menghadiri   briefing  rutin   setiap  hari   atau  handing  over,  dan pertemuan berkala, baik mingguan atau bulanan.
i.        Selalu memperhatikan kebersihan dan kerapian ruang kerja florist setiap saat.
j.        Menjalankan prosedur keamanan, keselamatan, higienis dan sanitasi baik untuk kepentingan tamu, orang lain dan diri sendiri.
           k.      Menjalankan tugas khusus yang diberikan oleh pimpinan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar